Terbiasa menggunakan engine wordpress, sering membuat saya mencari fungsi-fungsinya ketika melakukan editing atau setting di blogger/blogspot. Sering karena memang tidak tahu, tapi juga kadang dengan sengaja, karena melihat banyak perubahan di blogger, dengan harapan dapat menemukan fungsi favorit wordpress saya di engine blogger. Adalah draft.blogger.com, didalamnya terdapat banyak fungsi baru, yang walaupun masih distempel draft oleh google, tapi beberapa fungsinya dapat digunakan untuk blogger.com juga.

Salah satunya adalah fungsi readmore seperti pada wordpress, sekarang fungsi readmore berlaku juga di homepage blogspot ( blogspot.com = blogger.com »» kita sebut saja blogspot )
Ketika Anda mengakses url home sebuah blog, maka biasanya Anda akan disuguhi content daftar beberapa artikel, dengan artikel terbaru diletakkan paling atas, dan beberapa artikel lama ditaruh dibawahnya berurutan berdasarkan tanggal posting.
Masalahnya seperti ini.. Jika satu artikel memiliki ±400 karakter, berikut beberapa gambar, maka tingginya sekitar tiga jengkal. Bagaimana jika homepage menampilkan 10 artikel, maka tinggi homepage mencapai 3×10 atau 30 jengkal. Belum lagi loading yang berat karena memuat 10 artikel sekaligus. Untuk mengakalinya, mungkin kita harus membatasi dua atau tiga artikel saja untuk tampil di homepage. Tapi.. jika Anda ingin lebih banyak judul yang tampil, bagaimana?
Apakah bisa, jika masing-masing artikel ditampilkan hanya judulnya beserta sedikit kutipannya saja? Sehingga homepage masih dapat menampilkan banyak artikel terbaru, tanpa memberatkan proses loading dan tidak merusak tampilan blog karena menjadi begitu panjang. Dan ternyata bisa..
Untuk dapat menampilkan excerpt / kutipan artikel di homepage, kita dapat memanfaatkan tag <!– more –> saat editing mode html. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu meletakkannya tag itu pada kalimat yang Anda akan dipenggal. Misalnya seperti gambar dibawah:
img-readmore-blogspot-blogger-welyhariyanto-com-penempatan-tag-more
Maka nanti hasilnya seperti pada blog Info Bisnis Pulsa ini (silahkan klik untuk melihat). Secara otomatis, dibawah kutipan artikel akan diberilan link bertuliskan “Read more” atau “Baca selengkanya” sesuai bahasa yang digunakan.
img-readmore-blogspot-blogger-welyhariyanto-com-html-modeSekali lagi ingat, Anda harus menempatkan tag <!– more –> ketika dalam mode html, bukan saat editing dalam mode tulis/write. Ada satu tips lagi, ternyata fungsi readmore dapat digunakan untuk membuat private post di blogspot. Dengan ini Anda dapat sembunyikan postingan, tanpa harus menampilkannya dalam daftar artikel terbaru di homepage, namun tetap dapat diakses melalui url-nya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..