Visi Sekolah

VISI : KOMPETITIF DALAM PRESTASI, BERIMAN, BERAKHLAK MULIA, DAN BERBUDAYA

Senin, 12 Desember 2011

Gagal Lagi dan Gagal Lagi

Ada satu nasehat yang sangat dalam maknanya kalau dikaji lebih mendalam. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda itulah nasehat yang sering dilontarkan orang. Dalam berbagai event/lomba, terkadang kekalahan dianggap sebagai kegagalan. Apabila dapat menerima dengan ikhlas, maka adanya kekalahan itulah awal dari kemenangan.



Masih ingat cerita dari Thomas Alpha Edison sebagai sang penemu listrik? Pada tahun 1877  ia berusaha untuk menemukan lampu pijar. Edison menyadari betapa pentingnya sumber cahaya semacam itu bagi kehidupan umat manusia. Oleh karena itu Edison mencurahkan seluruh tenaga dan waktunya, serta menghabiskan uang sebanyak 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun untuk percobaan membuat lampu pijar. Persoalannya ialah bagaimana menemukan bahan yg bisa berpijar ketika dialiri arus listrik tetapi tidak terbakar. Total ada sekitar 6000 bahan yang dicobanya. Melalui usaha keras Edison, akhirnya pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam.

Kalau menilik usaha yang dilakukan oleh Thomas Alpha Edison tersebut, kegagalan yang baru terjadi beberapa kali, ternyata itu belum seberapa. Masih ingat pula kegiatan olah raga akbar se Asia Tenggara yang baru berakhir? Selama 20 tahun terakhir, Indonesia tidak pernah sebagai juara umum. Namun dengan kerja keras dan manajemen yang tepat, ternyata tahun 2011 Indonesia dapat merebut kembali juara umum dengan perolehan medali terbanyak.

Dengan demikian kata gagal lagi dan gagal lagi perlu diubah menjadi gagal lagi dan berhasil lagi. Dengan semangat seperti itu, mudah-mudahan dapat merubah pola pikir yang mudah menyerah dari kekalahan. Namun untuk dapat berhasil, tentunya dilakukan dengan mengevaluasi kegagalan yang telah terjadi kemudian memperbaiki. Jayalah Indonesia, Jayalah Burung Garuda, Jayalah Pancasila dan Jayalah masyarakat Indonesia dalam kancah dunia. Semoga....!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar