Visi Sekolah

VISI : KOMPETITIF DALAM PRESTASI, BERIMAN, BERAKHLAK MULIA, DAN BERBUDAYA

Sabtu, 17 Maret 2012

Jurnal Penelitian Tahun 2011

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK UKURAN PEMUSATAN DATA TUNGGAL MELALUI MEDIA PERMEN 
DI SMP NEGERI 36 SEMARANG


AGUS SUPRIYANTO, S.Pd, M.Kom
SMP Negeri 36 Semarang
sainsfikri@yahoo.com


Abstrak

Matematika merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh semua orang sehingga dalam pembelajaran di sekolah matematika memegang peranan yang sangat penting. Salah satu cabang matematika adalah statistika yang telah merambah kesemua cabang ilmu. Di dalam pembelajaran di sekolah, khususnya siswa SMP Negeri 36 Semarang terdapat beberapa materi yang sulit dipahami yaitu soal cerita yang menyangkut rata-rata.
Media permen salah satu alat untuk membantu kesulitan siswa dalam memahami soal cerita. Berdasarkan pengamatan dan wawancara, siswa  tertarik menggunakan media permen dalam kegiatan pembelajaran. Media ini sangat menarik bagi siswa, karena selama ini mereka belum pernah mengalami permen sebagai media pembelajaran. Selain itu media ini sangat mudah didapatkan dan berbiaya murah.
Hasil penelitian pada setiap siklus dalam penelitian selalu menunjukkan peningkatan hasil. Hasil tes pada siklus 1 sebesar 6,63 hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 1,86 dari tahap awal yang rata-rata nilainya sebesar 4,77. Pada siklus ke 2 terjadi peningkatan hasil d ari siklus pertama. Hasil rata-rata nilai pada siklus ke 2 adalah 7,56 yang berarti terjadi peningkatan hasil sebesar 0,93 dari siklus 1.
Media permen dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran baik sesama guru di SMP N 36 Semarang maupun sekolah lain yang mengalami permasalahan yang sama. Tidak menutup kemungkinan pada materi pelajaran matematika yang lain dapat memanfaatkan media permen dalam pembelajaran misalnya materi peluang.

Kata Kunci: Media, Permen, Statistika, Inovatif

 
Daftar Pustaka
1.             __________Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.             Anto Dajan.1984.Pengantar Metode Statistika jilid II. Jakarta:LP3ES
3.             Anto Dajan.1983.Pengantar Metode Statistika jilid I. Jakarta:LP3ES
4.             FIP-UPI, 2003. Media Pembelajaran. dalam www.upi.ac.id
5.             Nurhadi, Dr., 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang : Universitas Negeri Malang.
6.             S. Nasution, Prof. Dr., M.A., 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
7.             Sudjana Nana, 2000. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru.


2 komentar: